B30 Merupakan Solusi Atas Kekhawatiran Produsen Sawit Saat Ini

Belum lama ini, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) me-launching Road Test Penggunaan Bahan Bakar B30 (campuran biodiesel 30% pada bahan bakar solar) pada kendaraan bermesin diesel.Implementasi B30 sendiri akan dimulai pada 2020 nanti.

BERITA TERKAIT

Manfaat Pembangunan Infrastruktur Jokowi Dituding Tak Maksimal, Simak Alasannya
Sosialisasikan B30, ESDM Gandeng BPDP Sawit Gelar Temu Netizen di 3 Kota
Belum Terealisasi, Penurunan Pajak Perusahaan Tengah Proses Revisi Undang-undang
Guna memberikan edukasi komprehensif terkait pemanfaatan B30 di kalangan millenial, menggandeng Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit, Kementerian ESDM menggelar Temu Netizen di 3 kota, yakni Medan (2 Juli), Balikpapan (4 Juli) dan Palembang (18 Juli). Tak hanya menggelar talkshow, peserta juga mendapat kesempatan kunjungan lapangan ke lokasi produksi maupun blending biodiesel dengan BBM.

“Acara ini digelar agar anak-anak muda paham lebih dekat dengan biodiesel sebagai salah satu energi masa depan yang ramah lingkungan. Kalau terealisasi, Indonesia sebagai produsen sawit tidak perlu khawatir, sawit kita akan terserap untuk biodiesel, ketahanan energi semakin handal, impor BBM pun akan semakin berkurang,” ujar Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi di Jakarta, Senin (8/7).

Sementara itu, Achmad Maulizal Sutawijaya, Corporate Secretary BPDP KS yang hadir di Temu Netizen Balikpapan menyampaikan pentingnya peran sawit dalam pengembangan energi terbarukan di masa datang. “Sawit memegang peran penting dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat di Indonesia. Pemerintah juga berkomitmen mendorong program hilirisasi produk sawit seperti Green Diesel, Green Gasoline, dan Green Avtur untuk pengembangan energi terbarukan dan penguatan ketahanan energi nasional,” ungkapnya.

Temu Netizen ke-15 direncanakan akan diadakan di Palembang pada tanggal Kamis, 18 Juli 2019. Diharapkan, semangat #MenujuB30 yang diangkat pada sosialiasi kali ini akan ditularkan para peserta yang hadir kepada komunitas dan masyarakat di sekitarnya.

Di Medan (2/7), talkshow pengembangan biodiesel dan kelapa sawit yang mengangkat tagar #AnakMedanDukungBiodiesel berlangsung dengan seru pada gelaran #TemuNetizenKe13 yang turut mengundang Youtuber @krisnkros atau juga dikenal dengan BangOjol. Sobat Energi (sapaan netizen Kementerian ESDM) juga diajak melakukan kunjungan lapangan ke PTPN 4 Adolina untuk melihat langsung proses pengolahan kelapa sawit menjadi CPO (Crude Palm Oil) yang kini menjadi salah satu bahan campuran biodiesel.

Menyusul di Balikpapan (4/7), lebih dari 100 peserta hadir memeriahkan acara bertajuk #GoodPeopleDukungBiodiesel, termasuk peserta spesial dari komunitas Semangat Muda Tuli (SemuT) Balikpapan. Kegiatan juga dilengkapi dengan kunjungan lapangan ke TBBM Balikpapan dan menghadirkan bintang tamu Mr. Headbox juga Vlogger @uddsondakh.

“Luar biasa banget karena ada acara Temu Netizen ke-14 bersama Kementerian ESDM bersama BPDP Sawit, kita berbagi ilmu apa itu B30. Acaranya keren, luar biasa, teman-teman di sini juga ada yang dari profesional,” ujar Huda, Juru Bicara Isyarat komunitas SemuT Balikpapan. [hrs]

Sumber : merdeka.com

Judul Asli : Sosialisasikan B30, ESDM Gandeng BPDP Sawit Gelar Temu Netizen di 3 Kota