March 28, 2024

GAPKI Sumatera Utara (Sumut)

Indonesian Palm Oil Association North Sumatra Chapter

Keterbatasan Penggunaan Minyak Sawit sebagai Minyak Goreng?

MITOS 8-12 Penggunaan minyak sawit hanya terbatas sebagai minyak goreng.
FAKTA Minyak sawit merupakan minyak nabati yang dapat digunakan berbagai penggunaan baik sebagai bahan pangan (edible oil), farmasi, kesehatan, toiletries dan kosmetik (health product) maupun produk bahan bakar & pelumas (non edible). Selain minyak goreng (cooking oil), bahan pangan lain juga menggunakan minyak sawit seperti margarine, trans-free margarine, palm based pourable margarine, reduced fat spreads, shortening, vanaspati, palm based youghurt, ice cream dan lainnya (Tabel 8.5).
Selain untuk bahan pangan, minyak sawit juga menjadi sumber atau bahan untuk menghasilkan produk farmasi (vitamin E, provitamin A, micro encapsulated, antioksidan dan lain-lain), produk kosmetik (sabun cuci, sabun mandi, sabun transparan, body scrub, body deodorant, colour cosmetic, sampo, konditioner).

Selain itu minyak sawit juga dapat digunakan menjadi bahan produk bahan bakar dan pelumas (biodiesel fuel, hydraulic fluid, gear oil, chainsaw oil, biogas dan lainnya). Dengan demikian minyak sawit bukan hanya untuk minyak goreng saja. Aplikasi minyak sawit sangat luas baik dalam industri pangan, kesehatan, kosmetik maupun industri energi/biomaterial. Ratusan produk yang dapat dihasilkan dari minyak sawit saat ini. Di masa yang akan datang, produk-produk yang dihasilkan atau menggunakan minyak sawit masih akan bertambah dengan makin intensifnya penelitian-penelitian pengembangan produk.
Sumber:Bab 8|Mitos dan Fakta: Minyak Sawit dan Gizi Kesehatan

About The Author

Jln. Murai 2 No. 40, Komp. Tomang Elok Medan 20122
Phone: +62-61-8473331 | Fax. +62-61-8468851 | Email: [email protected]

©2021 Indonesian Palm Oil Association, North Sumatra Chapter. All rights reserved.